EVENT WISATA

Thursday, July 06, 2006



SEDEKAH BUMI

1) Tempat dan waktu pelaksanaan
Desa Dlepih, Kahyangan Kec.Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri
Setiap hari Senin Wage malam Selasa Kliwon pada bulan Suro
2) Kondisi Aksesibilitas:
Tansportasi ; kendaraan umum ada
Prasarana jalan ; baik/memadai untuk kendaraan roda 4 (empat) sampai 6 (enam).
Telekomunikasi ; Telephon Umum, Radio, dan sinyal Hand Phone bagus.

3) Fasilitas wisata:
Hotel Melati 17 buah.
Rumah Makan/Restoran : 39 buah
Tempat Ibadah
4) Keindahan Alam sekitar:Panorama , pegunungan Seribu (kawasan Kars) dan Pantai laut selatan
5) Keamanan Lingkungan: Terorganisir (Polpar,Panitia dll,)

6) Diskripsi event:
Sedekah Bumi merupakan upacara ritual yang dilakukan di Obyek Wisata Kahyangan sebagai ungkapan rasa syukur serta doa masyarakat Wonogiri kepada Tuhan YME agar selalu mendapatkan keselamatan dan ketentraman.
Pada saat menuju tempat upacara rombongan diikuti oleh arak-arakan terbangan/ sholawatan. Setelah upacara ritual kemudian berbagai makanan sarana sesaji tersebut dibagikan kepada pengunjung serta masyarakat sekitar .
Konon Sedekah Bumi selain merupakan kepercayaan masyarakat setempat, dari pihak keraton Kasultanan Yogyakarta juga menerangkan bahwa Wisata Spiritual Kahyangan yang terletak di Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri merupakan petilasan pertapaan raja-raja tanah Jawa (Mataram) antara lain Sultan Agung dan Panembhan Senopati. Konon ditempat inilah Danang Suto Wijoyo mendapatkan wahyu raja dan kemudian bergelar Panembahan Senopati selain itu juga digunakan untuk mengadakan perjanjian dengan Kanjeng Ratu Kidul untuk bersama-sama membangun pemerintahan di Jawa (Mataram).

Obyek wisata ini terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan minat khusus yang ingin melakukan meditasi dan upacara ritual lainnya dengan berbagai macam permohonan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home